Kemenag Kab Bekasi Gelar Pelatihan Pelayanan Prima Guna Tingkatkan Mutu Layanan

By Tommy Rian Minggu,23 Des 2022, 21:49:48 WIB | 330 Kali Dilihat Informasi Penting
Kemenag Kab Bekasi Gelar Pelatihan Pelayanan Prima Guna Tingkatkan Mutu Layanan

Keterangan Gambar : Kepala Bagian Tata Laksana pada Biro Organisasi dan Tata Laksana, Donna Aprilida Badroen, S.H. sekaligus sebagai narasumber sedang memberikan materi terkait Pelayanan prima , Jumat,(23/12) di gedung kemenag Kab Bekasi


Bekasi,-HumasKemenagKabBekasi

Kementerian Agama Kab Bekasi menggelar Sosialisasi Budaya Pelayanan Prima. Kegiatan yang diinisiasi Biro Organisasi dan Tata Laksana (Ortala) Sekretariat Jenderal Kemenag RI digelar di Aula Haji Kementerian agama Kab Bekasi, Jumat, (23/12/22)

Kepala Bagian Tata Laksana pada Biro Organisasi dan Tata Laksana, Donna Aprilida Badroen, S.H. sekaligus sebagai narasumber, mengatakan bahwa ini merupakan langkah sangat strategis. Karena melalui kegiatan ini, kami mengharapkan seluruh ASN Kemenag khususnya di Kabupaten Bekasi memiliki perspektif yang sama dalam pelayanan prima.

Baca Lainnya :

 

Beliau mengatakan, Kemenag merupakan organisasi yang memiliki jumlah dan sasaran layanan terbanyak. Oleh sebab itu, perbaikan layanan publik menjadi keniscayaan dan keharusan. Dengan kata lain, kita harus terus meningkatkan layanan publik dengan baik dan prima.

 

"Pelayanan publik kita dapat dianggap berhasil, bila memenuhi bahkan melebihi kebutuhan masyarakat. Kebutuhan masyarakat saat ini adalah layanan cepat, tepat, dan murah. Ini harus jadi perhatian kita," ujarnya 

 

Lanjutnya Pemberian layanan didasarkan pada standar operasional prosedur (SOP) serta jangka waktu pelayanan yang jelas. Pengelolaannya juga akan mengacu pada standar mutu pelayanan prima sehingga perlu langkah nyata guna membangun itu semua.

 

"Satu yang penting dan tak boleh dilupakan ketika berbicara pelayanan, adalah wajib hukumnya bagi seluruh ASN Kemenag khususnya di Kabupaten Bekasi memiliki mentalitas pelayanan dan untuk melayani,” tegasnya 

 

Sementara itu, salah satu peserta dari MAN 1 Bekasi sekaligus Waka Humas MAN 1 Bekasi, Rukmana, S.Pd mengatakan pelatihan ini menjadi modal dasar bagi madrasah guna meningkatkan kompetensinya dalam pelayanan kepada siswa dan masyarakat di era serba digital.

 

"ini sangat dibutuhkan untuk kami untuk memberikan pelayanan yang prima untuk para siswa dan juga masyarakat sehingga kepuasan masyarakat terhadap madrasah semakin baik" ujarnya. 

 

Beliau menjelaskan sarana prasarana yang ada merupakan aspek penting dalam rangka memberikan pelayanan yang baik bagi peserta didik. Akan tetapi, sistem pelayanan yang baik perlu diatur dengan mekanisme yang jelas, sehingga madrasah diharapkan mampu memberikan pelayanan prima kepada pengguna madrasah 

 

"Alhamdulilah dengan adanya pelatihan ini banyaknya menjadi jelas dan adanya penerangan terkait mutu pelayanan yang baik" ungkapnya 

 

Ditempat terpisah, Analis Kepegawaian Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bekasi, Tommy Apriansyah, S.IP menjelaskan bahwa memang seharusnya sebuah lembaga terus meningkatkan pelayanannya di antaranya meliputi penguasaan materi layanan, penguasaan teknologi digital, serta kemampuan komunikasi publik. Sehingga masyarakat mendapatkan layanan yang terbaik. 

 

Maka dari itu, lanjutnya semua pegawai Kementerian Agama khusunya di Kabupaten Bekasi baik ASN maupun Non ASN untuk dapat meningkatkan kualitasnya dengan meningkatkan kapasitas dan kapabilitas. 

 

"Peningkatan kemampuan ini perlu menjadi perhatian kita. Bapak ibu sebagai penyedia layanan tentu harus terus mengupgrade diri untuk dapat memberikan pelayanan prima," harapnya (Heri HR)







Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.